TENTANG MADANI

Rohis MIPA lahir pada tahun 1993 yang merupakan lembaga rohis di tingkatan fakultas. Sebelum dibentuknya Rohis fakultas, terlebih dahulu telah terbentuk rohis-rohis jurusan. Karena dirasakan perlu adanya lembaga yang mewadahi untuk tingkat fakultas yang akan menjalankan fungsi koordinasi dengan rohis-rohis jurusan, maka dibentuklah Rohis fakultas.
Rohis fakultas MIPA adalah LDK yang pertama kali terbentuk di lingkungan UNDIP, dimana pada masa itu MIPA dikenal sebagai ’pesantren’ UNDIP. Rohis MIPA sudah banyak melahirkan aktivis-aktivis dakwah yang berkiprah di lingkup yang lebih luas yaitu masyarakat.
Dari tahun 1993 -2008, tercatat sudah beberapa kali Rohis mipa berganti kepengurusan.
Di masa kepengurusan Akh Abita terjadi perubahan yang sangat signifikan pada lamanya kepengurusan, dari satu periode selama satu tahun (Juni sd Juni berikutnya) ditetapkan menjadi satu setengah tahun (Juni sd Desember tahun berikutnya). Hal ini dilakukan karena beberapa alasan. Pertama, pembentukan sistem periode kepengurusan baru yaitu dari Juni sd Juni menjadi Januari sd Desember. Kedua, menyesuaikan dengan tahun anggaran fakultas/universitas. Ketiga, lembaga tidak disibukkan dengan pergantian kepengurusan saat PMB.
Namun dalam perjalanannya, beliau tidak dapat menyelesaikan satu periode tersebut, dikarenakan beberapa alasan diantaranya pertimbangan masa studi. Sehingga diselenggarakan Muskerlub (Musyawarah Kerja Luar Biasa), yang dilaksanakan pada tanggal 21-22 Juni 2002.
Dari hasil Muskerlub dibentuk tim formatur yang beranggotakan: Abita Syahri Ismail (Math’98), Choirul Huda (Fis’99), Julisa Ramadhan (Math’99), Fitri Rusmono (Fis’00), Adi Priyoyudho (Math’01), Rias Nurdiana (Fis’98), Endang Apriyani (Kim’99), Dyah w (Bio’99), Reyfana (Fis’00), Ida Rohmawati (Bio’00), Fifie Nilasari (Math’01). Hasil syuro tim formatur pada tanggal 24 Juni 2002 adalah menetapkan J.Ramadhan untuk menjadi ketua Rohis berikutnya yang melanjutkan kepengurusan periode sebelumnya.
Pada masa kepemimpinan Akh Ali mulai muncul wacana mengenai pergantian nama Rohis MIPA. Namun mengingat kondisi pada waktu itu yang kurang memungkinkan, maka pergantian nama Rohis MIPA baru terealisasi pada masa kepemimpinan Akh Imam Fikria Hamsyah
Melalui syuro yang memakan waktu berhari-hari, Tim formatur 08 perumus nama dan lambang yang beranggotakan : Akh edi(fis’05), Akh imam(math’07), Akh Hanung(Kim’07), Akh Putro(Bio’07), Akh Syaakir (ilkom’07), Akh Reza ( Bio’08). Ukh.Catur (Bio’06), Ukh. Siti Sulastri (stat’07), Ukh.Intan (Bio’07), berhasil merumuskan penggantian nama Rohis MIPA menjadi MADANI (Bersama Mewujudkan Masyarakat Islami ). Selanjutnya hasil dari tim perumus ini dibawa ke Muskerlub (Musyawarah Luar Biasa ) pada hari Senin, tanggal 19 Januari, dan disepakati oleh forum serta disyahkan secara resmi pukul 10.00 WIB bertempat di Masjid Mipa baru Al Kautsar.